Kemenag Aceh Besar Cairkan Bantuan Pembelajaran Daring Pesantren di Masa Pandemi

0
46
Pimpinan Pesantren Modern Al Manar , Tgk. Ikhram M. Amin menerima BPD secara simbolis yang diserahkan oleh Kakanmenag Aceh Besar, H. Abrar Zym, Kamis, 17/9/2020

AlManarNews.ID – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar menyerahkan Bantuan Pembelajaran Daring (BPD) untuk menunjang kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 kepada 77 Pondok Pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Aceh Besar, Kamis, (17/9).

Bantuan sebesar Rp. 15 juta per pesantren ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar, H Abrar Zym S Ag, yang didampingi oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Jamaluddin SE, beserta Staf Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Aceh di Aula Pondok Pesantren Thalibul Huda, Desa Bayu Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H Abrar Zym S Ag, dalam sambutannya berharap agar pondok pesantren memanfaatkan bantuan tersebut untuk meringankan beban para santri dan ustaz dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

“Allah memberikan keberkahan khusus kepada orang yang belajar di pondok pesantren, dan bantuan ini menjadi motivasi bagi pesantren untuk memudahkan kegiatan belajar santri dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi covid-19 ini”,pungkasnya.

Kementerian Agama sebelumnya menerima amanah dari pemerintah berupa anggaran sebesar Rp 2,599 triliun untuk membantu pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam di masa pandemi Covid-19. Anggaran ini disalurkan dalam bentuk Bantuan Operasional (BOP) untuk 21.173 pesantren.

Untuk tahap pertama, bantuan operasional yang dicairkan sejumlah  Rp.930.835.000.000. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi  9.511 pondok pesantren, 29.550 Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), 20.124 LPTQ/TPQ, dan bantuan pembelajaran daring bagi 12.508 lembaga. Selain bantuan operasional, Kemenag juga memberikan bantuan pembelajaran daring kepada 14.115 lembaga.

“ Sedangkan untuk Kabupaten Aceh Besar sendiri, Bantuan Pembelajaran Daring (BPD) ini diserahkan untuk  77 pondok pesantren , dengan jumlah anggaran yang tersedia dalam DIPA Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI tersebut sebesar Rp. 1.155.000.000,- masing-masing pesantren memperoleh BPD sebesar Rp.15.000.000,-‘ “ujar mantan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh ini,  H. Abrar Zym

“ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah, Kementerian Agama khususnya, kepada pondok pesantren yang terdampak Covid-19, jangan dilihat jumlah angkanya, tapi manfaatnya, jadi manfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin, secara amanah, tepat sasaran dan sesuai juknis yang berlaku” harapnya di akhir kata sambutan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here