Lomba Pramuka Antar Pesantren Selesai, Pesantren Al Manar Juaranya

0
169

AlManarNews.ID | Kontingen Gerakan Pramuka Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar kembali mengharumkan nama almamaternya, setelah menjuarai Lomba Pramuka Tingkat Penegak Penggalang (LP-3) XII Putra Tahun 2017 Antar Pesantren Se-Aceh, dengan gelar juara umum I tingkat Penegak dan Juara umum III tingkat penggalang.

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah pesantren di Aceh ini diselenggarakan oleh Satuan Gerakan Pramuka Pesantren Aceh (GPP) di Bumi Perkemahan Pantai Pulau Kapuk Lhoknga yang berlangsung mulai 29 Januari s/d 02 Januari 2017.

Bidamping Pramuka Al Manar, Irwandi Novizar, Lc mengatakan keluarnya Al Manar sebagai juara tidak terlepas dari banyaknya cabang lomba yang dimenangi anak asuhnya, khususnya bidang kepramukaan dan pengumuman pemenang sendiri disampaikan oleh panitia pada saat penutupan acara tadi siang, Kamis, (02/02/2017).

Selain Al Manar, gelar juara juga diperoleh oleh Pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan sebagai Juara umum II, Pesantren Al Mujaddid Sabang Juara Umum III tingkat penegak. Sedangkan tingkat penggalang, Juara umum I diraih oleh Pesantren Darul Amin Gontor 10, Juara umum II, Pesantren Azzahrah Bireun, dan Juara Umum III diraih oleh Pesantren Al Manar sendiri. Untuk Peserta terbaik diraih oleh Fazlan dari Pesantren Babul Maghfirah, Peserta terdisiplin oleh Reza Gemasih, Pesantren Al Fityan dan Pembina terbaik diraih oleh Kakak Mulyadi Ibn Harun dari Pesantren Al Azhar Takengon.

Ketua Panitia, Andika Novriadi, S.Pd.I dalam sambutan penutupan acara mengucapkan selamat kepada pemenang dan mengingatkan kepada seluruh kontingen bahwa yang terpenting dalam kegiatan ini adalah menjalin ukhuwah antar peserta yang sesuai dengan tema ” Bina ukhuwah, Gali Potensi dan Raih prestasi”.

“Bagi yang juara selamat dan tingkatkan lagi prestasinya, bagi yang belum beruntung jangan berputus asa dan tingkatkan lagi usahanya, mendapatkan piala bukanlah segalanya, yang paling penting  adalah ukhuwah diantara kita semakin kuat, itulah inti dari kegiatan ini,” ujar Ustadz muda Alfityan ini.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk, Ikhram M. Amin, M.Pd Al Manar mengatakan turut bangga atas hasil usaha anak didiknya selama  ini dan mengharapkan untuk terus memotivasi diri, latihan yang giat, mempersiapkan diri untuk event-event  pramuka lainnya.

“Saya bangga atas usaha latihan kalian siang malam sebelum berangkat, dan ini salah satu bukti bahwa hasil tidak mengkhianati usaha, dan terus berlatih tingkatkan prestasi dan selalu ingat, we are scout but we are moslem,” ujarnya penuh semangat dalam sambutan saat menerima kedatangan kontingen.

Untuk diketahui, Lomba pramuka antar pesantren ini sendiri sudah berlangsung sejak lama dan diikuti oleh sejumlah pesantren seluruh Aceh yang bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah antar pesantren.

Biasanya, lomba yang dimotori oleh satuan guru-guru pesantren yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Pesantren Aceh (GPP) ini dilaksanakan di pesantren-pesantren yang telah ditetapkan sebagai tuan rumah pertahunnya. Tapi, pada tahun ini pihak GPP memilih Pantai Pulau Kapuk Lhoknga sebagai bumi perkemahannya sekaligus untuk promosi wisata.

Selain lomba untuk putra, GPP Aceh sendiri juga sudah pernah melaksanakan lomba pramuka atau LP-3 untuk putri yang baru berjalan beberapa tahun yang lalu. Hanya saja, pelaksanaannya untuk putri belum rutin seperti lomba untuk putra.

Sumber : www.harianaceh.co.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here