Miliaran Rupiah APBK untuk Dayah dan Teungku

0
118
Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, di dampingi Waled Nu, memberikan bantuan kepada Dayah Ubudiah Al-Azhar di Gampong Deah Teumanah Puduek Tunong Kec. Trieng Gadeng, Kab, Pidie Jaya, 18/9.

AlManarNews.ID | PESANTREN/DAYAH serta balai pengajian merupakan lembaga yang mendidik generasi muda khususnya di bidang agama Isla. Di hampir setiap desa ada dayah dan balai pengajian diberbagai tingkatan. Biaya operasional lembaga itu tidak menentu, mulai dari sumbangan wali murid dan sumber lain termasuk bantuan pemerintah.

Khusus bantuan dari pemerintah yang dulunya belum merata dan sangat tergantung kepada proposal yang diajukan pimpinan lembaga tersebut, sejak 2013 dimana Pemkab Bireuen sudah dipimpin oleh H Ruslan M Daud dan Ir Mukhtar MSi mencari jalan keluar yang terbaik dimana semua dayah/pesantren dibantu sesuai kemampuan daerah.

Tahun 2013, hasil pendataan 609 dayah menerima bantuan masing-masing Rp 6 juta. Sejumlah pesantren juga mendapatkan bantuan serupa, namun nilainya berbeda tergantung tipe pesantren. Bantuan itu disalurkan melalui Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah (BPPD) Bireuen. Pemkab Bireuen juga mengalokasikan bantuan untuk dayah di kabupaten tersebut. Besarnya bervariasi rata-rata Rp 5 juta untuk 60 dayah berbagai tipe. Ada juga yang diberikan bantuan berupa pembangunan ruang kegiatan belajar, kamar atau bilik santri, dan MCK.

Pada tahun 2014, dana untuk dayah dan balai pengajian dialokasikan lagi seperti tahun sebelumnya. Kepala BPPD Bireuen, Dr Saifullah SAg MPd merincinkan, insentif bagi pimpinan dan guru dayah merupakan program peningkatan mutu pendidik. Tahun ini, selain 60 dayah dan 609 balai pengajian, sebanyak 310 balai pengajian lainnya juga memperoleh insentif. Nilai bantuannya tidak sama, tergantung jumlah guru.

Dana yang dialokasikan tahun ini untuk membangun dayah/pesantren termasuk pengadaan kitab mencapai Rp 5,343 miliar lebih dan untuk balai pengajian Rp 3,724 miliar lebih. Selain itu, juga diplot dana  Rp 1,912.000.000 untuk insentif pimpinan dan guru dayah dan balai pengajian. Rincian bantuan itu untuk pimpinan dayah Rp 3 juta, teungku atau guru dayah Rp 1.500.000, serta insentif untuk pimpinan dan guru balai pengajian Rp 1.000.000. Selain itu, bantuan untuk pesantren/dayah yang bersumber dari APBA melalui DIPA sebanyak Rp 23 miliar lebih.

Sumber :  serambinews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here