Pemerintah Aceh Bangun Hunian Sementara untuk Santri Dayah Ummul Ayman

0
108

AlManarNews.ID | Pemerintah Aceh kembali mengunjungi Dayah Ummul Ayman 2 di Gampong Meunasah Bie Kecamatan Meurahdua, Pidie Jaya (Pijay), pascakebakaran yang melanda pesantren itu, Jumat (31/8/2018).

Pada kunjungan pertama beberapa jam setelah musibah itu terjadi, Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, H Kamaruddin Andalah bersama Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Drs H Sulaiman Abda datang membawa bantuan tanggap darurat.

Hari ini, Jumat (7/9/2018), kedua pejabat ini kembali datang dan membawa kabar bahagian bagi para santri di dayah tersebut.

Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBA) akan membangun hunian sementara (huntara) untuk 170 orang santri yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran pekan lalu.

Pembangunan huntara ditandai dengan penyerahan barang atau material secara simbolis. Masing-masing diserahkan Kamaruddin dan Sulaiman Abda atau lebih akrab dipanggil Bang Leman, dan Tgk H Nuruzzahri atau Waled Nu atas nama pimpinan dayah.

Sulaiman Abda dan Kamaruddin berharap agar huntara itu dapat diselesaikan secepat mungkin agar para santri tak terlalu lama tinggal di tenda darurat.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBA Aceh, Muhammad Syahril menjawab Serambinews.com mengatakan, pihaknya mulai besok segera akan mebangun huntara tak jauh dari lokasi bangunan yang terbakar.

Rencananya, huntara berdinding papan, beratap seng dan lantai tanah atau semen kasar dibangun di dua titik sesuai lahan yang tersedia. Bangunan tersebut nantinya akan di sekat menjadi 17 bilik.

Menyangkut ukuran, kata Syahril, belum bisa dipastikan karena menunggu selesai gambar.

Hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut,  Camat Meurahdua, Teuku Safrizal, beberapa kabid BPBD Pijay serta sejumlah undangan.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here