Al-ManarNews.ID | Pesantren Modern Al Manar, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, wisudakan sebanyak 38 santri, Kamis (28/4). Pada acara seromonial kali ini merupakan acara wisuda angkatan ke lima, yang terdiri dari sebanyak 16 santriwan dan 22 santriwati.

Pesantren Al Manar ini mulai aktif sejak 2001 lalu, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam dan Penyantunan Anak Yatim Bungoeng Jeumpa, yang merupakan gagasan seorang pengusaha kaya yang bernama Almarhum. H. Azhar Manyak.

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, berpesan lulusan yang diwisudakan pada hari ini agar menjadi suri tauladan yang baik dalam kehidupan ditengah masyarakat, dengan tetap menjaga nilai-nilai pendidikan yang telah didapatkan selama ini di pesantren.
“Menjaga nama baik diri, keluarga dan almamater. Dan juga harus menjadi garda terdepan dalam menyiarkan islam di tangah masyarakat, menjaga shalat jama’ah, menjaga pergaulan, dan menjaga diri dari pengaruh narkoba yang saat ini sedang marak di kalangan pemuda,” kata dia dalam sambutannya.
Di akhir arahannya, Fakhruddin juga berpesan kepada orang tua santri yang diwisudakan agar menjaga dan membantu para santri itu guna melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi.
“Mengontrol pergaulan, ibadah, dan perilaku mereka sehari-hari. Karena tanggung jawab para lulusan ini sudah dikembalikan kepada wali masing-masing dan pesantren akan mengawasinya,” pungkas dosen UIN Ar-Raniry tersebut.
Santri yang diwisudakan hari ini merupakan santri yang sudah menjalankan pendidikan selam enam tahun, yang berhasil menyelesaikan pendidikan di tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
Sumber : www.ajnn.net

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu