Tentang Kami

 

Al-ManarNews.ID merupakan re-branding dari portal ALMANARPOST.COM yang lahir pada 16 April 201516 April 2017, sebuah portal berita online yang mempublikasi sejumlah kegiatan Pesantren Modern Al Manar khususnya dan berita-berita pesantren dan santri yang ada di Aceh umumnya. Media informasi untuk santri Pesantren Modern Al Manar ini sebelumnya bernama Shahibul Qalam Post sudah lahir sejak pertengahan tahun 2012. Terbitannya bersifat bulletin yang dipublikasi di mading dan pernah tayang dalam bentuk portal website selama setahun, yang memuat berbagai berita ter up to date yang disajikan untuk seluruh santri  agar santri memiliki banyak pengetahuan dan informasi di luar pesantren selain membaca koran harian.

Setelah 3 tahun berjalan sebagai bulletin sekaligus menjadi media Informasi untuk santri, maka pada tahun 2015 kami mengambil sebuah langkah untuk menjadikan sebuah portal berita online yang dapat dibaca oleh khalayak umum dan berakhir pada April 2017.

 

Kini, Al-ManarNews.ID hadir dengan domain ID (Indonesia) yang akan memuat konten-konten berita pesantren yang ada di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya. Al-ManarNews.ID ini dikelola oleh Bagian Dokumentasi dan Publikasi Pesantren Modern Al Manar ” Al Manar Documentary”. 

Adapun tagline yang kami usung pada portal Al-ManarNews.ID adalah “Jernih Mengabarkan” yang berpedoman pada kalimat “Qaulan Sadida” yang tercantum pada ayat Al Qur’an QS An-Nisa : 9 dan QS al-Ahzab : 70 . Sadida berarti jelas, jernih, terang. Dalam al-Quran, konteks qaulan sadida diungkapkan pada pembahasan mengenai wasiat (QS an-Nisa [4]: 9) dan tentang buhtan (tuduhan tanpa bukti) yang dilakukan kaum Nabi Musa kepada Nabi Musa (QS al-Ahzab [33]: 70).

Dari kedua konteks ayatnya, Qaulan Sadida merupakan perkataan yang jelas, tidak meninggalkan keraguan, meyakinkan pendengar, dan perkataan yang benar tidak mengada-ada (buhtan: tuduhan tanpa bukti).

Dan beginilah harapan kita terhadap semua media yang ada di Indonesia, agar menyebarkan berita yang tidak menimbulkankan fitnah sehingga melahirkan kegaduhan ditengah ummat.

Al-ManarNews.ID juga berkontribusi menyebarkan berita kegiatan pesantren yang ada di Aceh dan Indonesia umumnya. Dan kami menerima rilis berita dari pesantren mana saja, karya santri, guru dan aneka tulisan lainnya yang bermanfaat untuk dibaca.

Kirim berita anda ke [email protected]